Apa itu Ajax

0
17

Apa itu Ajax | SatumanadoAJAX atau Asynchronous Javascript dan XML, adalah kumpulan teknik yang digunakan dalam pengembangan web yang memungkinkan halaman web untuk berkomunikasi dengan server tanpa memuat ulang halaman web. Menggunakan AJAX, aplikasi di web dapat bertukar data dengan server tanpa mengganggu halaman web yang ada. Meskipun “X” dimaksudkan XML, namun tidak perlu menggunakan XML untuk pertukaran data. JSON dapat digunakan sebagai gantinya.
Dalam program komputer, operasi ‘asynchronous’ dapat beroperasi secara independen dari proses lain. Inilah mengapa halaman web tidak harus dimuat ulang untuk mengirim informasi ke server. Metode yang tepat untuk ini menggunakan sesuatu yang disebut objek XMLHttpRequest, yang secara efektif merupakan antarmuka yang memungkinkan skrip untuk melakukan permintaan AJAX.

Baca Juga : Apa itu SEO

AJAX bukan dari satu teknologi. beberapa teknologi ini bekerja sama untuk membuat permintaan HTTP atau HTTPS tunggal. Menurut Jesse James Garrett, yang pertama kali menciptakan istilah tersebut, teknologi berikut ini digabungkan:

  • HTML
  • CSS
  • Model Objek Dokumen
  • XML
  • Objek XMLHttpRequest
  • Javascript

Di WordPress, AJAX dapat dilihat dalam aksi di layar edit posting di mana Anda dapat menambahkan kategori baru saat menulis posting tanpa memuat ulang halaman. Contoh lain dapat dilihat di halaman komentar di mana Anda dapat menyetujui atau menghapus komentar tanpa memuat halaman atau juga pada saat sobat melalukan pencarian pada halaman web yang sudah menggunakan AJAX jadi ketika anda melakukan pencarian halaman web tidak akan direfresh atau dimuat ulang tapi hasil langsung muncul dalam bentuk dropdown atau variasi lainnya.

semoga artikelĀ Apa itu Ajax dapat bermanfaat bagi sobat sekalian.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Silahkan masukan nama Anda disini

9 − 6 =