Apa itu CCNA Manfaat Memperoleh Sertifikat CCNA

0
207

Apa itu CCNA Manfaat Memperoleh Sertifikat CCNA | Satumanado – Hallo sobat Sebelum kita kaji apakah itu CCNA serta manfaat yang kita dapatkan bila mempunyai sertifikat CCNA, sebaiknya kita kenali dahulu jika masih tetap ada banyak jalan sertifikasi tidak hanya punya Cisco yang dapat kita tempuh, yakni CompTIA, LPI (Linux), Juniper, Microsoft, serta MikroTik.

..diluar itu masih tetap ada banyak lagi.
Tetapi sekurang-kurangnya di atas itu yang sangat diketahui sekarang ini.

Okay, di bawah kelak ane akan terangkan beberapa fakta mengapa mesti pilih CCNA, serta apakah manfaat mempunyai sertifikat ccna.

Apa itu Sertifikasi CCNA Apakah itu Sertifikat CCNA
Apa itu Sertifikasi CCNA
Apakah itu Sertifikat CCNA

Kenapa bukan yang lainnya?
Sebab pertanyaan ini nanti berkesempatan muncul, maka ane jawab deluan.

Jawabannya; tidak mesti, serta bergantung.

  1. Tidak mesti CCNA, yang lainnya ikut tidak jadi masalah.
  2. serta itu bergantung dengan keperluan; di mana kamu kerja, apakah yang diperlukan oleh customer (klien)
  3. Produk apakah yang dipakai serta kesanggupan akan penyediaan piranti itu
    dst.
    Poin pertama kita terlewat. Kita ulas beberapa poin yang setelah itu.

Menjadi orang yang bergulat di IT Networking, CCNA jadi pilihan yang sangat punya potensi untuk bangun karier serta kemampuan. Memang akan tidak langsung jadi seseorang IT Network yang expert, akan tetapi sekurang-kurangnya berikut pintu gerbang yang pertama-tama butuh kita membuka.

..sebelum memanjang.
Mari kita kenali dahulu apakah itu CCNA lalu kita kupas selesai manfaatnya dengan komplet berdasar pada netral yang terdapat di materi CCNA.

Apakah itu CCNA?

CCNA ialah singkatan dari Cisco Certification Network Associate. Satu program sertifikasi di industri jaringan computer yang dikeluarkan oleh Cisco Sistem. Perusahaan yang sekarang ini dengan de-facto jadi standard tehnologi jaringan computer dalam dunia.

Program sertifikasi CCNA dikeluarkan oleh cisco pada tahun 1998.
CCNA adalah sertifikasi tingkat intermediate (menengah) yang bermakna lulusan pemegang sertifikat cisco CCNA dipandang telah dapat mengurus jaringan level medium-high taraf enterprise.

Akan tetapi pada tahun 2007, cisco meningkatkan kebijaksanaan lagi dengan keluarkan program sertifikasi CCENT atau Cisco Certified Entry Network Technician menjadi tahap pilihan yang dapat ditempuh untuk ambil sertifikasi CCNA.

Ulasan Tentang CCENT akan ane ulas di bawah.

Beberapa Program Sertifikasi Cisco serta Tingkatannya

Cisco Sistem menjadi perusahaan multinasional yang mempelopori tehnologi jaringan computer mempunyai beberapa program sertifikasi yang mempunyai tujuan untuk membuahkan tenaga-tenaga memiliki pengalaman untuk menjalankan produk mereka.

Program sertifikasi itu sebagai berikut:

Cisco Certifications

jenis - jenis sertifikasi cisco ccna
jenis – jenis sertifikasi cisco ccna

Gambar 1: Cisco’s Network Certifications
Source: https://learningnetwork.cisco.com/community/certifications
Ada sangat banyak type sertifikasi yang dikeluarkan oleh cisco. Akan tetapi yang sangat popular ialah CCNA RS (Routing Switching).

Jadi seringkali muncul pertanyaan, jika ingin ambil sertifikasi cisco, bagusnya darimana dahulu?

Jawabannya: dari mulai CCNA RS (Routing Switching).
Jika kamu membuka blog-blog ataupun buku-buku mengenai networking, sejumlah besar akan menjelaskan hal sama. Cisco sendiri merekomendasikan untuk mengawali dari sertifikat CCNA RS.

Oh ya, sekarang ini, saat orang bicara mengenai CCNA, yang mereka maksud ialah CCNA Routing Switching. Terkecuali mengatakan jalan yang spesifik diakhir kalimatnya.

Okay. Saat ini mari kita ulas manfaat mempunyai sertifikat CCNA.

Berikut 6 Fakta Mengapa Kamu Mesti Mempunyai Sertifikat CCNA

Seperti kita kenali, sertifikat ialah satu perihal yang riil manfaatnya dalam bangun karier. Entahlah itu jadi karyawan, konsultan, entrepreneur, apa pun.
Sebab dengan sertifikat bermakna kita telah mempunyai pernyataan tercatat dari penerbit sertifikat.

..jika kita telah kompeten di bagian itu, dalam perihal ini sertifikat CCNA RS.
Mengapa mesti CCNA RS?

1. Routing serta Switching menjadi Core Jaringan Computer

Routing serta switching ialah tulang punggung satu jaringan computer. Saat bicara infrastruktur jaringan computer, 2 perihal yang tidak sempat dilupakan ialah: routing, serta switching.

Sederhananya, routing ialah proses penentuan arah jalan raya antar jaringan computer.
Sedang switching ialah kegiatan penerimaan data, mengolah serta memforwardnya ke jaringan.

Dua piranti itu kita kenal menjadi router serta switch.

Jadi telah seharusnya menjadi IT Network Engineer kita harus memahami tentang tehnologi routing switching.

2. CCNA Certified – Berarti Sudah disertifikasi Oleh Networking Leader

Walau di luar sana banyak perbincangan tentang vendor apakah yang terunggul. Tetapi tetap harus cisco certified jadi sangat prioritas sekarang ini.

Perihal ini dapat dibuktikan dengan biasanya kriteria melamar kerja menjadi Network Engineer, sebagian besar perusahaan mewajibkan calon mesti lulusan CCNA.
Bukan yang lainnya.

Dalam kata lainnya, CCNA ialah sertifikasi high-class, serta telah disadari mutunya.

Tentunya sekarang ini sebagian besar perusahaan besar memakai piranti cisco. Walau bagaimanapun, satu waktu bertemu dengan piranti lainnya, seseorang CCNA akan tidak kebingungan.

Kenapa?
Sebab material yang terdapat di CCNA telah diatur dengan sistematis, distandarkan hingga konsepnya terpakai di semua piranti tidak hanya cisco.

3. Foundational Knowledge yang Benar-Benar Solid serta Gampang Didapatkan

Mengawali dengan jalan CCNA RS, bermakna kita telah mengawali untuk terjun ke dunia IT Networking yang betul-betul riil dengan semua kompleksitasnya.

Untungnya kita akan tidak kesusahan melawannya sebab dalam belajar CCNA sangat banyak aspek yang dapat menangani semua persoalan itu:

Kita dapat dengan gampang temukan buku-buku kualitas terunggul, untuk perihal ini cisco telah mempunyai situs ciscopress menjadi situs resourcenya.
Halaman dokumentasi cisco begitu komplet.
Dari mulai dokumentasi piranti sampai protokol yang dipakai. Tidak semua vendor menyiapkan halaman dokumentasi selengkap ini.
Banyak komune yang dedicated.
Pasti kehadiran komune begitu menolong kita dalam mengakhiri satu permasalah pada produk yang kita pakai. Bahkan juga cisco menyiapkan portal learning spesial yaitu learningnetwork.cisco.com.
..serta ada banyak lagi. Sebab ketenaran serta laris kerasnya sertikasi CCNA ini jadi di Indonesia kita dapat dengan gampang temukan lembaga-lembaga training CCNA.

4. Jangan Cemas akan ‘Cisco Minded’

Malah kita perlu cemas bila ‘other vendor minded’.

Sebab cisco menjadi networking leader biasanya jadi patokan buat vendor-vendor lainnya. Jadi seringkali bila kita temukan piranti yang langkah konfigurasinya mirip-mirip dengan cisco.

Lantas bagaimana satu waktu di lapangan mesti bertemu dengan piranti lainnya?

Tak perlu cemas juga.
Seperti keterangan di atas, karena dengan CCNA RS kita betul-betul telah disiapkan dengan tumpukan fondasi basic serta siap tekuni konsentrasi lainnya, walau beda piranti sekalinya.

Cuma butuh dikit saja rekonsilasi, tidak butuh sampai terseok-seok ?

5. Buka Kesempatan anda untuk Kenaikan Upah atau Gaji

Mempunyai sertifikat CCNA pastinya tingkatkan kesempatan kita supaya bisa di terima kerja di perusahaan-perusahaan yang kita idamkan. Terpenting kesempatan di terima di perusahaan yang telah jadi gold mitra cisco.

Buat kamu yang ingin kerja di perusahaan yang kamu idamkan, apalagi kamu seseorang freshgraduate, belajar CCNA ialah salah satunya langkah ampuh untuk mengangkat karirmu.

Akan tetapi jika sekedar hanya di terima kerja di perusahaan saja, ini misi yang sangat simpel.
Faedah mempunyai sertifikat CCNA bukan sekedar buat mereka yang tengah mencari pekerjaan, akan tetapi ikut bermanfaat buat kamu yang sekarang ini tengah kerja serta ingin mendapatkan penghasilan yang lebih.

Perusahaan umumnya mempunyai kebijaksanaan tentang perihal ini, bila kamu telah lulus serta bersertifikat CCNA jadi janganlah sangsi untuk ajukan pertimbangan. Yah tentu saja mesti dibuktikan dengan penambahan kapasitas yang sesuai dengan juga.

Selain itu ikut kamu dapat memakai ketrampilan CCNA untuk buka tuntunan belajar, konsultasi, pembuatan lab latihan, dan lain-lain.
Utamanya potensi CCNA ini dapat kita manfaatkan baik di ataupun di luar kantor.

6. Sebab Pondasinya Telah Terpenuhi, Jadi Kita Siap untuk Tekuni Bagian Lainnya

Seperti kita telah terlatih bermain computer, telah lihai menavigasikan beberapa skema operasi apa pun, sampai troubleshootingnya.
Jadi bukan perihal yang susah lagi bila kita ingin menajamkan kemampuan di bagian computer, apa di bagian programming, design, networking atau yang lainnya.

Begitupun dengan bagian networking, dengan CCNA RS kita telah memahami benar ide basic jaringan computer. Hingga dengan gampang buat kita bila ingin ambil jalan sertifikasi yang lainnya.

Tidak hanya sebab fakta di atas, cisco ikut merekomendasikan untuk ambil sertifikat CCNA supaya kelak lebih gampang saat ingin ambil jalan sertifikasi yang lainnya.

Mari kita lihat gambar berikut ini:

CCNA RS as prerequisites of the most cisco certifications trek
CCNA RS as prerequisites for most other cisco’s certifications
Source: https://learningnetwork.cisco.com/community/certifications/security_ccna
Contohnya ingin ambil CCNA security, kita langsung bisa mendaftarkan ujian 210-260 IINS sebab telah penuhi CCNA RS menjadi prerequisites (pra-syarat).

Bukan sekedar CCNA security, sertifikat CCNA routing serta switching dapat juga jadi pra-syarat untuk jalan yang lainnya seperti CCDA atau CCNA Wireless.

Selebihnya mengenai ini kamu dapat buka link learningnetwork cisco di atas.

Dengan semua fakta itu, kita ikut juga bisa menyimpulkan jika: dengan telah mempunyai sertifikat CCNA bermakna kita telah mempunyai modal yang cukuplah serta pengetahuan yang oke.

Setelah itu pilihan berada di tangan kita, apa ingin melanjut ke profesional level, atau beralih ke trek yang lainnya, atau bahkan juga ambil program sertifikasi yang disiapkan oleh vendor lainnya seperti yang telah ane katakan di atas.

Telah jelas kan manfaatnya? ?

Lantas, Bagaimana Triknya Memperoleh Sertifikat CCNA?

Beberapa rekan seringkali menanyakan pada ane.
CCNA itu kan level associate/intermediate, tentu susah mempelajarinya (memang sich).

Buat kamu yang di sekolah atau di universitas telah belajar mengenai jaringan computer, tahu yang telah miliki basic computer, tentu saja perihal ini bukan permasalahan lagi sebab telah terlatih dengan beberapa istilah dalam dunia networking.

Beda narasi buat mereka yang tidak miliki latar belakang dalam dunia IT awal mulanya.
Tetapi tertarik untuk memperoleh sertifikat CCNA, bagaimana triknya?

Tak perlu hilang percaya diri.
Berita baiknya, pada tahun 2011 (telah lama) cisco keluarkan program sertifikasi untuk entry level. Ini bisa saja jalan keluar buat kamu yang saat ini terasa kurang yakin diri atau terasa sangat susah untuk memperoleh sertifikat CCNA.

Coba lihat gambar 1 di atas. Ada 4 tingkatan sertifikasi cisco, yakni:

  • Entry level (CCENT)
  • Associate (CCNA)
  • Professional (CCNP), serta
  • Expert (CCIE)

Berita jeleknya, sebab di Indonesia lebih kenal CCNA, jadi popularitas CCENT begitu kecil bahkan juga jarang terdengar.
..serta berita jeleknya lagi, banyak peserta yang tidak berhasil ujian CCNA, semua dunia. Tidak cuma Indonesia saja.

Walau sebenarnya bila diawali dari CCENT, kesempatan tidak berhasil itu tentu saja lebih kecil.
Sebab jumlahnya persentase tidak berhasil ujian CCNA tersebutlah yang membuat cisco keluarkan program sertifikasi CCENT.

Cisco Certified Entry Network Technician (CCENT)

Tunggu guys….
Janganlah tertipu atau melihat mata sebelah dengan title sertifikasi ini, sebab CCENT benar-benar bukan level pemula.

Bila kamu sempat menanyakan ke orang yang lain atau membaca di forum-forum, banyak yang merekomendasikan jika lebih baik ambil sertifikat CompTIA A+ atau Network+ menjadi persiapan ambil sertifikat CCENT.

Bermakna otomatis kita dapat mengartikan jika materi CCENT atau CCNA benar condong lebih susah di banding sertifikasi lainnya yang sama dengan.

Kembali pada CCENT, supaya tidak salah pengertian.
Ane tekankan kembali jika CCENT betul-betul bukan entry-level, ini cuma pilihan. Supaya kita dapat lebih gampang mendapatkan sertifikat CCNA.
Mengapa?

Berikut, untuk ambil ujian CCNA, kita dapat meniti 2 jalan:

  • Ujian ICND1 – kode exam 100-105 (CCENT) serta ICND2 – kode exam 100-125.
    Jika lulus ICND2 sesudah memperoleh CCENT, jadi kita sah menyandang titel CCNA. atau..,,,,
  • Langsung ujian CCNA 200-125 (Composite)
    Lalu,,,,,,,

Mending pilih langkah pertama, atau langkah ke-2?

Mengambil Ujian CCENT 100-105 (ICND1) jika..

Kamu alami masalah seperti yang ane jelaskan di atas.

..serta memang mempunyai gagasan untuk meneruskannya ke CCNA atau program sertifikasi cisco yang lainnya.
Sebab CCENT jadi prerequisites untuk jalan yang lainnya. Perihal ini diacu pada materi yang terdapat di CCENT.

Langkah Mendapatkan Sertifikat CCNA
Dua langkah memperoleh sertifikasi CCNA R/S
Source: https://learningnetwork.cisco.com/community/certifications/ccna
Tersebut perhitungannya:

75 % materi CCNA ialah keseluruhnya CCENT (ICND1).
Selebihnya, 25 % lagi ialah pelengkap (ICND2) untuk menyempurnakan sertifikasi CCNA.
Materi yang diujiankan di CCENT meliputi basic jaringan computer, tehnologi jaringan computer, networking mode, ip address serta subnetting, managing cisco IOS and cisco devices, basic routing sampai RIP, basic switching sampai inter-VLAN, security, NAT serta perjumpaan IPv6.

Sedang bekasnya seperti spanning tree, VTP, network management, EIGRP, OSPF, troubleshooting IP, WAN, sampai intelligent networks berada di ICND2.

Sedetailnya kamu dapat mengecheck materi ujian CCNA di halaman ini, sebab setiap saat bisa beralih.

Ikuti Ujian CCNA (Composite) jika..

Kamu memang sungguh telah terasa siap, serta memahami benar semua materi CCNA.
Ane pribadi begitu merekomendasikan pilihan pertama, sebab pertimbangannya semacam ini.

Materi CCENT lebih dikit di banding CCNA, kesempatan tidak berhasil pasti lebih dikit.
CCENT dapat jadi pra-syarat untuk sertifikasi jalan yang lainnya, pada saat kamu memang sungguh lebih tertarik dengan jalan lainnya contohnya CCNA security.
Cost tambah murah, cuma 1/2 dari CCNA (cost ujian CCNA sekarang ini ialah $325).
Kalau ingin CCNA, tinggal ujian ICND2, serta materinya tinggal 25% lagi, pasti tambah lebih mudah.
Mengapa cuma 25%?
Sebab sejumlah besar cuma perulangan dari ICND1, perebutan tema, serta menambahkan yang lain yang dikit.

Jika 4 perihal di atas tidak wajar jadi pertimbangan kamu sebab memang sungguh siap dengan materi ujian yang dalamnya kombinasi, silahkan mengambil pilihan ini.

Berdasar pada diskusi ane dengan rekan-rekan, sejumlah besar mereka langsung ambil ujian CCNA composite. Begitupun dengan ane.
Karena saat belajar CCNA, materi yang ane tekuni terkadang melebihi materi CCNA hingga ane telah terasa tidak ada yang butuh di kuatirkan.

Akan tetapi bagaimana juga, ane masih merekomendasikan pilihan pertama, yaitu dengan ujian CCENT terlebih dulu. Semakin banyak pilihan serta tingkat kesulitannya lebih dikit.

Janganlah sebab di Indonesia semakin banyak langsung ujian CCNA, kita ikutan.
Silahkan pikirkan serta cocokkan dengan gagasan serta potensi diri pribadi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Silahkan masukan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.