Apa itu HTTP 2 ?

2
138

Apa itu HTTP/2 ? | satumanado – Kapan pun Sobat mengeklik tautan (link) untuk mengunjungi situs, permintaan akan dikirim ke server. Server menjawab dengan pesan status (header) dan daftar file untuk situs web itu. Setelah melihat daftar itu, browser meminta file satu per satu. Pada protokol HTTP1.1 ‘lama’, proses ini memakan waktu karena hanya ada satu baris yang tersedia yang harus dibuka dan ditutup setelah setiap file dikirim. HTTP / 2 menawarkan peningkatan kecepatan yang dramatis karena saluran dapat tetap terbuka dan banyak hal dapat dikirim sekaligus. Perkenalkan HTTP / 2!!

HTTP/2 adalah protokol yang agak baru yang akan mempercepat website secara drastis. HTTP/2 menggunakan teknologi baru untuk mengambil salah satu Bottle Neck terbesar di web dengan memperkenalkan koneksi Full Multiplexing. Sekarang Server dapat membuka koneksi tunggal dengan browser dan terus mengirim semua file situs sampai semuanya selesai. Setelah itu koneksi ditutup dan browser dapat merender situs tersebut, Tentunya ini akan memangkas masalah Page Speed Sobat.

Apa itu HTTP 2

Bagaimana cara kerja HTTP/2 ?

Katakanlah Sobat menginginkan kotak LEGO yang baru. Pertama, Sobat pergi ke toko untuk mendapatkan kotak tertentu. Ketika Sobat sampai di rumah, Sobat membuka kotak dan melihat buku panduan.dalam buku panduan mengatakan apa yang harus Sobat lakukan: hanya bisa mengambil 1 keping lego setiap kali meminta kepingan lego. Sekarang, Sobat hanya bisa mendapatkan 1 keping setiap kali meminta kepingan lego. Sobat harus terus bertanya pada buku panduan: “kepingan mana yang saya butuhkan sekarang?” Dan buku panduan anda jawaban kepingan mana yang harus diambil. nah, Proses ini terus terjadi sampai Sobat menyelesaikan seluruh set LEGO. Yah, itu akan memakan waktu cukup lama. Proses inilah yang terjadi di HTTP1.1.

Dengan hadirnya HTTP/2 maka proses diatas pun berubah drastis. Sobat tinggal pergi ketoko untuk mengambil lego box Sobat. Buka, ambil buku panduan dan Sobat dapat meminta semua batu bata yang digunakan pada bagian set LEGO. Sobat dapat terus meminta meminta lebih banyak kepingan lego, tanpa harus melihat manual. “kepingan lego ini bersatu, jadi inilah mereka.” Jika Sobat menginginkannya sangat cepat, Sobat bahkan bisa mendapatkan semua kepingan sekaligus sehingga Sobat dapat membangun perangkat dalam sekejap.

HTTP/2 dapat menangani lebih banyak Request sekaligus

HTTP/2 memiliki banyak fitur keren yang dapat membantu mempercepat waktu pemuatan halaman Sobat. Yang paling penting, tentu saja, adalah full multiplexing. Ini berarti bahwa beberapa permintaan dapat terjadi pada waktu yang sama melalui koneksi yang tetap terbuka selama durasi proses transfer. Hal keren lainnya adalah Server push; dimulai sebagai satu permintaan tetapi ketika server memperhatikan HTML membutuhkan beberapa aset, ia dapat mengirim semuanya sekaligus tanpa bertanya. Ini mungkin cocok untuk situs Anda, tetapi itu tergantung pada faktor yang terlalu sulit dijelaskan di sini.

Seperti yang saya katakan di intro, dengan HTTP1.1 browser meminta situs -> server mengirim header kembali -> header itu berisi pesan status dan badan HTML -> untuk setiap file yang diperlukan untuk membangun situs, koneksi tunggal harus dibuka dan ditutup dan dibuka dan ditutup. Setiap kali sepotong teka-teki ini bertindak dapat menahan sisanya, memperlambat proses lebih lama. Ini disebut head-of-line blocking dan itu menyebalkan banyak waktu. Ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa HTTP1.1 mendapatkan pembaruan.

Mengapa HTTP/2 untuk SEO? Karena kecepatan situs itu penting

Kecepatan situs telah menjadi faktor peringkat SEO selama bertahun-tahun. Sekarang, dengan pengenalan indeks seluler-pertama Google akan melihat secara kritis kecepatan pemuatan situs seluler Anda. Selama beberapa tahun terakhir, situs semakin besar. Situs besar memiliki banyak aset seperti HTML, JavaScript, CSS, gambar dan sebagainya dan itu membutuhkan waktu pemuatan yang lebih lama.

Masalah besar lainnya adalah latensi – terutama pada perangkat seluler. Semakin lama latensi Sobat, semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk permintaan Sobat untuk mencapai server dan begitu juga saat server mengirim kembali respons. Itulah mengapa Sobat harus selalu menggunakan CDN untuk mengurangi waktu yang diperlukan untuk membawa barang-barang Sobat ke pembaca dari lokasi terdekat. Meskipun peramban dapat menangani sejumlah kecil beberapa sambungan, yang dengan sendirinya, menambah waktu tambahan untuk seluruh cobaan, proses pengiriman bolak-balik tidak benar-benar berubah.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan situs dengan menyesuaikan cara server menangani hal-hal ini, tetapi pada intinya, HTTP1.1 menggunakan proses yang sangat efisien. HTTP / 2 membuat proses ini lebih mudah untuk mengelola server dan browser, oleh karena itu, mempercepat secara drastis. Perlu diingat bahwa munculnya HTTP / 2 tidak menghentikan HTTP1.1 karena peramban tetap akan menggunakan protokol lama sebagai fallback.

Menerapkan HTTP/2

Menerapkan HTTP / 2 cukup mudah dan bisa jadi server Sobat sudah menggunakan HTTP / 2. Anda dapat menggunakan situs HTTP2.Pro untuk melihat apakah server Anda menggunakan HTTP / 2. Tanyakan pada penyedia hosting Anda apa saja pilihan Sobat. Sobat juga dapat memilih Jaringan Pengiriman Konten, juga dikenal sebagai CDN, yang menawarkan solusi HTTP / 2 lengkap. Jika Anda ingin menerapkan HTTP / 2, Sobat memerlukan koneksi HTTPS juga. Jika Anda belum memilikinya, harap dapatkan sertifikat SSL di Let’s’s Encrypt, misalnya, amankan sambungan Anda untuk meningkatkan ke HTTP / 2.

Baca Juga : Apa itu SEO? Inilah Penjelasan SEO lengkap

Semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat satumanado.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Silahkan masukan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.