Apa itu SEO? Inilah Penjelasan SEO lengkap

3
129

Apa itu SEO? Inilah Penjelasan SEO lengkap | SatuManado – SEO (Search Engine Optimization) adalah proses pemasaran untuk meningkatkan visibilitas dalam hasil pencarian organik atau Search Engine Result Page, untuk tujuan khusus untuk mendapatkan lebih banyak Visitor untuk situs web.

Apa itu SEO? Inilah Penjelasan SEO lengkap

ada banyak sekali artikel dan referensi diluar sana yang membahas tentang SEO ini sobat termasuk artikel ini untuk memperdalam pengetahuan kita tentang apa itu SEO sebenarnya mari langsung saja kita ke pokok pembahasan Apa Itu SEO.

BAGAIMANA CARA KERJA SEO?

Setiap mesin pencari utama seperti Google, Bing, dan Yahoo menyediakan daftar situs web yang dianggap paling baik untuk menjawab permintaan pengguna pencarian. Daftar tersebut disebut hasil pencarian atau SERP(search engine result page). Dalam hasil pencarian itu Anda akan menemukan daftar berbayar situs yang membayar untuk diklankan oleh google, tetapi sebagian besar hasilnya terdiri dari apa yang disebut daftar organik. Hasil organik adalah daftar gratis yang ditemukan oleh mesin pencari, melalui analisisnya, untuk menjadi yang paling relevan dengan permintaan pengguna.

Apa itu SEO? Inilah Penjelasan SEO lengkap
Apa itu SEO? Inilah Penjelasan SEO lengkap

Untuk terdaftar di bagian atas dalam daftar organik adalah akar mengapa SEO sangat penting. Hasil organik saat ini menerima bagian Trafik Visiotor yang jauh lebih besar dibandingkan dengan iklan website berbayar. Jadi, jika bisnis Anda tidak ditemukan di hasil pencarian organik, sobat kehilangan sebagian besar pembaca blog atau situs sobat.

Untuk mendapakan Hasil pencarian paling atas inilah waktu dimana SEO diterapkan. Ada banyak strategi dan teknik untuk membuat situs web yang relevan dan dioptimalkan untuk dapat bersaing dengan kata kunci yang dapat menghasilkan pendapatan untuk bisnis sobat.

CARA AWAL UNTUK MENERAPKAN SEO

Dasar SEO tidak sulit untuk mempelajari SEO, hanya butuh waktu dan banyak kesabaran. Halaman web biasanya tidak diberi peringkat dalam semalam untuk kata kunci yang kompetitif. Jika sobat bersedia untuk membuat dasar yang kuat dari optimasi untuk situs web sobat, dan meluangkan waktu untuk membangunnya, sobat akan mencapai kesuksesan dan menumbuhkan traffik visitor organik sobat. Usaha yang mengambil Jalan Pintas dapat mencapai hasil jangka pendek, tetapi hampir selalu gagal dalam jangka panjang dan sangat sulit bagi mereka untuk pulih.

Jadi bagaimana sobat mengoptimalkan situs web sobat? terlebih dahulu sobat harus  memahami bagaimana mesin pencari bekerja serta berbagai teknik yang membentuk SEO.

BAGAIMANA CARA GOOGLE MENENTUKAN RANK SEBUAH WEBSITE ?

Mesin pencari menggunakan robot otomatis, juga dikenal sebagai crawler web atau spider, untuk memindai dan mengkatalisis halaman web, PDF, file gambar, dll agar memungkinkan untuk dimasukkan dalam indeks besar mereka. Dari sana, setiap halaman web dan file dievaluasi oleh program yang disebut algoritma yang menentukan apakah file menawarkan nilai unik yang cukup untuk dimasukkan ke dalam indeks.
Jika file dianggap cukup berharga untuk ditambahkan ke dalam indeks, file atau halaman web hanya akan ditampilkan dalam hasil pencarian yang telah ditentukan oleh algoritma relevan dan memenuhi maksud kueri pengguna. Ini adalah rahasia sebenarnya untuk kesuksesan mesin pencari atau Search Engine. Semakin Akurat mereka menjawab pertanyaan pengguna, semakin besar kemungkinan pengguna akan menggunakannya di masa mendatang. sebagaimana dibuktikan oleh banyaknya pengguna mereka, bahwa Google memberikan hasil yang lebih relevan karena algoritma mereka yang sangat canggih yang terus mereka tingkatkan. Dalam upaya untuk mempertahankan keunggulan kompetitif mereka, diyakini bahwa Google membuat 500-600 pembaruan untuk algoritmanya setiap tahun.

pengguna memainkan peran yang lebih besar dalam bagaimana mesin pencari memberi peringkat halaman web. Misalnya, jika pengguna mencari “perusahaan SEO”, apakah pengguna mencari artikel tentang cara memulai perusahaan SEO, atau apakah mereka mencari daftar perusahaan SEO yang menyediakan layanan tersebut? Dalam hal ini, yang terakhir lebih mungkin. Meskipun ada kemungkinan kecil bahwa pengguna mungkin ingin memulai bisnis SEO, Google (dengan data luas mereka tentang kebiasaan pengguna) memahami bahwa sebagian besar mengharapkan melihat daftar perusahaan. Semua ini dibangun ke dalam algoritme Google.

Faktor Penentu SEARCH ENGINE RANKING
Sebagaimana dinyatakan sebelumnya, algoritma google ini sangat canggih, sehingga ada banyak faktor yang dipertimbangkan Google untuk menentukan relevansi. Selain itu, Google dan mesin pencari lainnya bekerja sangat keras untuk mencegah pengguna “mempermainkan” sistem dan memanipulasi hasil dari SEARCH ENGINE RANKING.

Jadi berapa banyak RANK FAKTOR di sana? Nah, kembali pada 10 Mei 2006, Google Matt Cutts menyatakan bahwa ada lebih dari 200 faktor peringkat pencarian yang dipertimbangkan Google.

Kemudian, pada tahun 2010, Matt Cutts menyatakan bahwa 200+ faktor peringkat pencarian masing-masing memiliki hingga 50 variasi. jadi, jumlah yang sebenarnya menjadi lebih dari 1.000 faktor unik. Meskipun ada banyak sekali sinyal, masing-masing mereka tidak memiliki bobot yang sama.

Untuk situs web yang ingin peringkat untuk kata kunci kompetitif nasional, faktor yang paling penting terkait dengan faktor-faktor pada halaman, di luar halaman, dan terkait dengan hukuman. Pengoptimalan On-Page terkait dengan konten, dan agar situs web memiliki peluang untuk mendapatkan peringkat frasa pencarian kompetitif, konten harus sangat relevan dan menjawab permintaan pengguna pencarian. Faktor di luar halaman terkait dengan popularitas tautan situs web dan bagaimana sumber eksternal otoritatif menemukan konten sobat. Mengenai faktor yang terkait dengan hukum, jika Anda tertangkap melanggar Pedoman Webmaster Google, Anda tidak akan dapat bersaing sama sekali.

Untuk situs web yang ingin mendapatkan peringkat di pasar lokal mereka, faktornya sangat mirip kecuali untuk penambahan Google Bisnisku, cantuman lokal, dan ulasan. Google Bisnisku dan kutipan membantu memverifikasi lokasi bisnis yang sebenarnya dan area layanannya. Ulasan membantu dalam menentukan popularitas bisnis lokal itu.

ON-PAGE SEO

SEO On-page adalah optimalisasi kode HTML dan konten situs web sebagai lawan dari SEO off-page, yang berkaitan dengan tautan dan faktor eksternal lainnya yang mengarah ke situs web.

Tujuan keseluruhan di balik on-page SEO adalah untuk memastikan bahwa mesin pencari dapat menemukan konten sobat, dan bahwa konten pada halaman web dioptimalkan untuk peringkat kata kunci tematik yang relevan yang ingin sobat targetkan. Sobat harus melakukan ini dengan cara yang benar. Setiap halaman harus memiliki tema uniknya sendiri. Namun sebaiknya Sobat jangan berlebihan dalam pengoptimalan halaman web. Jika kata kunci tidak cocok dengan tema produk atau layanan Sobat, Mungkin Sobat hanya perlu membuat halaman yang berbeda untuk kumpulan kata kunci tertentu.

Jika Sobat mengoptimalkan judul, deskripsi, dan judul saat membuat konten dengan tepat, Maka Visitor akan memiliki pengalaman yang lebih baik secara signifikan di situs web Sobat karena mereka menemukan konten yang diharapkan. Jika Sobat salah mengartikan konten di tag judul dan deskripsi, itu akan mengarah ke rasio pentalan yang lebih tinggi di situs web Sobat karena pengunjung akan pergi dengan cepat ketika mereka tidak menemukan apa yang mereka harapkan.

Itu adalah gambaran tingkat tinggi dari SEO on-page. Ada beberapa topik utama tentang pengoptimalan halaman yang akan kami bahas termasuk pengkodean HTML, penelitian kata kunci, dan pengoptimalan konten. Ini adalah item dasar yang perlu dikuasai untuk medapakan peluang berada di peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian atau SERP.

Audit Situs Web

Jika situs web sobat mengalami kesulitan peringkat, sobat mungkin ingin memulai dengan audit SEO. sobat memerlukan analisis 360 derajat untuk mengidentifikasi kekurangan situs web Anda sehingga Anda dapat memperbaikinya dan mengembalikan situs sobat ke landasan yang lebih kuat. Audit dapat membantu mengidentifikasi gangguan atau kekurangan, baik di dalam dan di luar halaman, yang mungkin menahan situs web sobat kembali ke peringkat kata kunci yang sobat targetkan.

Ada alat pengecekan SEO yang dapat membantu Anda mengidentifikasi masalah teknis dasar dengan mudah, membuat bagian dari proses audit jauh lebih efisien. Audit biasanya tidak akan berhenti pada analisis teknis. Konten dan profil tautan situs web juga memainkan peran penting dalam kemampuan memeringkat situs web. Jika Anda tidak memiliki konten berkualitas atau tautan otoritatif, akan sulit untuk menentukan peringkat untuk frasa pencarian yang sangat kompetitif.

Keamanan HTTPS

Google, dalam upaya untuk menciptakan pengalaman web yang lebih aman dan lebih nyaman bagi pengguna mesin telusur mereka, telah menekan para webmaster untuk mengamankan situs web mereka. Pengalaman yang aman penting bagi mesin pencari Google. Jika pengguna penelusuran memiliki keyakinan pada keamanan hasil yang ditampilkan, mereka akan lebih mungkin untuk terus menggunakan mesin pencari Google di masa depan.

Meskipun Google mungkin memiliki alasan bagus untuk mendorong para webmaster agar mengamankan situs mereka, webmaster juga memiliki banyak insentif. Ketika orang membeli secara online, calon pelanggan akan merasa lebih percaya diri menyelesaikan transaksi dengan situs yang aman dibandingkan dengan yang tidak.

Untuk mendorong para webmaster agar mengamankan situs web mereka, Google telah mengintegrasikan SSL sebagai faktor peringkat pencarian. Situs web yang memiliki sertifikat SSL akan disukai sedikit di atas yang tidak. Ini bukan faktor besar, tetapi cukup bahwa jika semua faktor lain sama, situs yang dijamin akan menang.

Desain Mobile-Friendly

Lebih dari 60% dari semua kueri penelusuran dilakukan melalui perangkat seluler sekarang. Google berupaya untuk menciptakan pengalaman pencarian terbaik. oleh karena itu, mereka perlu memberikan preferensi ke situs web yang meningkatkan kegunaan seluler mereka.

Memberikan pengalaman seluler yang lebih baik dapat dilakukan dengan beberapa cara. Metode yang paling umum adalah webmaster membuat desain responsif yang akan menyesuaikan berdasarkan ukuran browser yang sobat lihat. Situs lain memiliki versi khusus seluler dari halaman web mereka yang ditampilkan ketika server mendeteksi bahwa pengguna menggunakan browser seluler.

Kecepatan pemuatan laman seluler juga penting. Google mendukung proyek yang disebut Accelerated Mobile Pages (AMP) dan, pada tahun 2016, mereka mengintegrasikan daftar AMP ke dalam hasil pencarian mobile mereka.

Mempertimbangkan bahwa mayoritas pencarian sekarang berbasis seluler, Google sedang membuat indeks seluler pertama. Ini akan menjadi indeks laman web utama Google, dan telah diluncurkan secara perlahan sejak akhir tahun 2017. Haruskah sobat khawatir jika situs sobat tidak ramah seluler? Mungkin tidak dalam jangka pendek, tetapi dalam beberapa bulan mendatang, ya. Situs web yang memberikan pengalaman seluler yang baik akan memiliki kesempatan lebih tinggi untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi dalam hasil pencarian. Ini bukan hanya Google. Bing sedang berupaya sini juga.

 

Kecepatan Halaman Situs Web

Kecepatan halaman adalah waktu yang diperlukan untuk memuat halaman web. Dengan indeks seluler pertama Google, kecepatan halaman akan memainkan peran lebih besar sebagai faktor penentu peringkat website sobat.

Sekali lagi, ini tentang pengalaman pengguna. Pengunjung situs web tidak ingin menunggu terlalu lama saat halaman dimuat. Semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk memuat halaman web sobat, semakin besar kemungkinan pengunjung akan pergi (terpental) dan kunjungi situs pesaing sobat. Google melakukan penelitian dan menemukan bahwa perbedaan antara waktu buka halaman web 1s dan waktu 5s meningkatkan peluang bahwa pengunjung akan terpental atau pergi 90%.

Sobat perlu memperhatikan tingkat di mana pengunjung terpental dari situs web Anda, karena ini juga merupakan faktor Penentu peringkat. Tidak hanya itu, itu adalah peluang pendapatan yang hilang. Google peduli tentang metrik ini karena mereka perlu menjaga kepuasan pengguna penelusuran mereka dengan hasil yang ditampilkan.

Ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan halaman. Beberapa item ini termasuk yang berikut:

    • Mengaktifkan file compression (kompresi file)
    • Meminimalkan File CSS, Javascript, dan HTML
    • Mengurangi pengalihan halaman
    • Menghapus JavaScript render-blocking
    • Memanfaatkan caching browser
    • Meningkatkan waktu respons server
    • Menggunakan CDN (Jaringan Distribusi Konten)
    • Mengoptimalkan ukuran file gambar

Perayapan Situs Web

Robot mesin pencari mengunjungi situs web sobat dan membuat salinan dari setiap halaman untuk dipertimbangkan ke dalam indeks mereka. Jika mereka menganggap konten berharga, mereka akan memasukkannya dalam indeks mereka sehingga pengguna Mesin pencarian mereka dapat menemukannya. Itulah mengapa penting untuk memastikan bahwa mesin pencari dapat dengan mudah menemukan halaman-halaman dalam situs web Sobat. Jika mereka tidak dapat menemukan konten Sobat, konten tersebut tidak dapat dimasukkan dalam indeks mereka dan orang lain tidak dapat konten sobat.
Ada masalah teknis yang dapat mencegah robot penelusuran merayapi situs web Sobat, tetapi sebagian besar situs web tidak mengalami masalah ini. Satu masalah adalah bahwa beberapa situs web menggunakan JavaScript dan Flash, yang terkadang dapat menyembunyikan tautan dari mesin telusur. Ketika robot merayapi situs web, mereka merangkak dengan mengunjungi tautan yang ditemukan di dalam laman web. Jika Robot bisa tidak melihat tautannya, mereka tidak akan menjelajahinya, artinya mereka tidak akan bisa mempertimbangkan laman untuk pengindeksan. Masalah perayapan umum lainnya adalah pencantuman tag “noindex” secara tidak disengaja pada laman web atau pemblokiran seluruh folder situs web agar tidak dirayapi melalui file robots.txt.

Salah satu cara untuk memastikan konten Anda dilihat adalah dengan membuat file sitemap.xml. File ini mencantumkan berbagai URL untuk situs web, mempermudah robot search engine untuk menemukan konten situs web Anda. File peta situs sangat bermanfaat untuk situs web dengan ribuan laman, karena tautan ke beberapa konten mungkin terkubur jauh di dalam situs web Sobat dan lebih sulit lagi bagi mesin telusur untuk menemukannya. Sebagai aturan umum, Sobat harus memperbarui file ini setiap kali halaman baru ditambahkan.

 

Menghindari Duplikasi Halaman & Konten

Konten duplikat dapat membahayakan peringkat dari beberapa halaman terpenting dari situs web sobat. Ketika Google melihat halaman-halaman situs web sobat dan menemukan konten yang hampir identik antara dua halaman atau lebih, mereka mungkin mengalami kesulitan memprioritaskan yang mana yang lebih penting. Akibatnya, kemungkin halaman – halaman tersebut akan menghilang dari Hasil Pencarian.

Berikut adalah beberapa penyebab tidak disengaja dan umum dari duplikasi konten:

Pemecahan masalah WWW dan Non-WWW: Jika situs web menyelesaikan untuk kedua versi alih-alih satu mengalihkan ke yang lain, Google dapat mengindeks kedua versi. Google telah melakukan pekerjaan yang jauh lebih baik dalam menangani ini, tetapi tetap ada kemungkinan. Sobat dapat memecahkan masalah ini dengan memastikan bahwa Anda memiliki pengalihan 301 yang tepat.
Paginasi: Ini adalah masalah SEO e-commerce yang sangat umum. Katakanlah Anda memiliki situs web yang menjual sepatu dengan kategori yang disebut “sepatu biru.” Anda dapat menjual ratusan “sepatu biru” yang berbeda dan Sobat tidak ingin menampilkan lebih dari 20 gaya yang berbeda dalam satu waktu. Dalam contoh ini, Sobat mungkin memiliki beberapa halaman yang dapat Anda klik-tayang. Ketika Anda mengklik, Anda melihat Anda pergi ke halaman web dengan URL “blue-shoes / page2 /”. Kegiatan itu disebut paginasi. Jika tidak ditangani dengan benar, Google dapat mengindeks setiap halaman, masing-masing terdiri dari konten hampir identik, padahal sebenarnya Sobat ingin kategori utama menjadi halaman peringkat dalam hasil pencarian. Anda dapat memecahkan masalah ini dengan menggunakan tag rel = canonical.
Parameter URL: Tetap menggunakan contoh “sepatu biru” kami, Sobat mungkin ingin melihat apa yang tersedia dalam ukuran 12. Sobat mengeklik untuk menyortir untuk menemukan apa yang tersedia dalam ukuran 12, Anda tetap berada di laman, tetapi Sobat melihat URL sekarang mengatakan “sepatu biru? ukuran = 12”. “Ukuran = 12” adalah parameter URL. Terkadang parameter URL ini diindeks. Ini adalah kejadian umum yang sangat umum untuk situs web e-niaga. Sobat dapat menyelesaikan ini dengan menggunakan tag rel = canonical atau dengan parameter URL melalui Google Search Console.

 

Data Terstruktur

Data terstruktur adalah informasi terorganisir yang dapat membantu mesin pencari memahami situs web Sobat lebih baik. Melalui kolaborasi Google, Bing, Yandex, dan Yahoo; Schema.org dibuat untuk membakukan markup HTML untuk informasi ini.

Meskipun tidak ada bukti konklusif bahwa data terstruktur dapat meningkatkan peringkat pencarian Sobat, ini dapat membantu meningkatkan daftar Sobat, yang dapat meningkatkan tingkat klik-tayang Sobat. Rasio klik-tayang adalah sesuatu yang diterima secara luas sebagai faktor peringkat.

Berikut ini adalah beberapa daftar fitur yang ditingkatkan sebagai hasil dari data terstruktur:

Peringkat bintang dan data ulasan
Grafik pengetahuan
Breadcrumb dalam hasil pencarian Anda
Penyertaan dalam kotak cuplikan kaya untuk hasil
Menerapkan data terstruktur juga membantu Sobat mempersiapkan bagaimana pencarian berkembang. Mesin pencari mencoba memberikan jawaban instan atas pertanyaan, yang akan memainkan peran yang lebih besar dengan pencarian suara.

Peran Nama Domain

Sudah ada diskusi tentang kata kunci dalam nama domain. Ada saat ketika ada korelasi yang sangat kuat dengan peringkat, tetapi ketika algoritma google telah berevolusi, faktor itu perlahan mulai menjadi tidak terlalu penting.

Itu tidak berarti tidak ada nilai di sana. Ini berarti sobat tidak boleh menempatkan fokus besar pada nama domain yang mengandung kata kunci ketika ada begitu banyak faktor yang lebih penting.

Struktur URL SEO-Friendly

URL adalah salah satu hal pertama yang akan diperhatikan oleh pengguna pencarian. Struktur URL tidak hanya memiliki kemampuan memengaruhi rasio klik-tayang dari cantuman penelusuran Anda, tetapi juga dapat memengaruhi kemampuan peringkat penelusuran situs web Anda.

Kata kunci di URL: Ini adalah praktik terbaik untuk memasukkan kata kunci di URL selama secara akurat mewakili konten halaman. Ini akan memberikan kepercayaan tambahan kepada pengguna pencarian bahwa halaman tersebut berisi konten yang mereka cari sementara juga memperkuat kata kunci penting ke mesin pencari. Mengikuti contoh sepatu biru kami, URL akan terlihat seperti ini: “/ blue-suede-shoes /”

Jangan Kata Kunci Stuff URL: Ada sesuatu yang bisa dikatakan karena memiliki terlalu banyak sesuatu. Terkadang ketika Anda memiliki terlalu banyak, itu dapat bekerja melawan Anda, dan hal yang sama berlaku untuk kata kunci dalam URL. Ketika Anda terlalu mengoptimalkan, pengguna yang mencari akan melihat URL yang tampak seperti spam, dan itu dapat merusak rasio klik-tayang Anda, tetapi mesin telusur juga dapat berpikir bahwa Anda mencoba untuk mengotak-atik sistem. URL yang diisi kata kunci akan terlihat seperti ini: “/ sepatu / biru-sepatu / biru-suede / terbaik-biru-suede-sepatu /”
Bayar Perhatian ke Panjang URL: Jaga panjang URL Anda minimal. Google akan memotong URL yang terlalu panjang, dan itu dapat memengaruhi rasio klik-tayang Anda.
Hindari String URL Dinamis: Sebisa mungkin, cobalah memiliki URL statis dengan kata kunci versus URL dinamis yang berisi simbol dan angka. Mereka tidak deskriptif dan tidak akan membantu tingkat klik-tayang cantuman Anda. URL dinamis akan terlihat seperti ini: “/ cat /? P = 3487”

Tag Judul

Tag judul adalah kode HTML yang membentuk judul yang dapat diklik yang dapat ditemukan di halaman hasil mesin pencari (SERPs). Tag judul sangat penting untuk rasio klik-tayang dari daftar pencarian Anda. Ini adalah hal pertama yang akan dibaca oleh pengguna pencarian tentang halaman Anda dan Anda hanya memiliki waktu singkat untuk menangkap perhatian mereka dan meyakinkan mereka bahwa mereka akan menemukan apa yang mereka cari jika mereka mengklik daftar Anda.

Berikut ini adalah beberapa kiat cepat untuk menulis tag judul:

Tag judul harus berisi kata kunci yang relevan dengan konten halaman web.
Anda harus menempatkan kata kunci penting di dekat awal judul.
Cobalah untuk mempertahankan judul antara panjang 50-60 karakter. Google sebenarnya mencari sekitar 600 piksel, yang 60 karakternya akan muat dalam sekitar 90% dari waktu. Di luar 600 piksel, Google akan menampilkan judul yang terpotong, dan judul Anda mungkin tidak memiliki dampak yang Anda inginkan.
Kapan pun memungkinkan, gunakan kata sifat untuk meningkatkan judul. Contoh: Panduan Lengkap untuk SEO.
Jangan menyortir judul Anda dengan kata kunci. Ini akan terlihat spam, dan pengguna akan cenderung tidak mengklik daftar Anda.
Tidak memiliki halaman web dengan judul duplikat. Setiap halaman harus secara akurat menggambarkan konten uniknya sendiri.
Jika Anda memiliki ruang, cobalah untuk memasukkan nama merek Anda. Ini bisa menjadi cara yang bagus untuk menghasilkan pengenalan merek. Jika Anda sudah memiliki merek yang kuat, ini bahkan dapat meningkatkan rasio klik-tayang dari daftar pencarian Anda.

Meta Description Tags

Tag deskripsi meta adalah kode HTML yang menjelaskan konten halaman web ke pengguna pencarian. Deskripsi dapat ditemukan di halaman hasil mesin pencari (SERPs), di bawah judul dan URL daftar pencarian. Deskripsi, sementara bukan sinyal peringkat itu sendiri, memainkan peran penting dengan SEO. Jika Anda memberikan deskripsi yang relevan, ditulis dengan baik, dan menarik; tingkat klik-tayang dari daftar pencarian kemungkinan besar akan lebih tinggi. Hal ini dapat menghasilkan lebih banyak lalu lintas dan peningkatan potensial dalam peringkat pencarian, karena rasio klik-tayang adalah faktor peringkat pencarian.

Berikut ini adalah beberapa kiat cepat untuk menulis tag deskripsi:

Gunakan kata kunci, tetapi jangan menjadi spam dengan mereka. Kata kunci dalam permintaan pencarian akan dicetak tebal dalam deskripsi.
Aturan praktis dulu memiliki panjang deskripsi tidak lebih dari 155 karakter. Google kini menampilkan, dalam banyak contoh, hingga 320 karakter. Ini bagus dari perspektif pencarian real estate, dan Anda harus mencoba memanfaatkan sebanyak mungkin 320 karakter itu. Ketika melakukannya, pastikan Anda mendapatkan pesan yang jelas di dalam 155 karakter pertama hanya jika terpotong untuk kueri.
Secara akurat menggambarkan konten halaman web. Jika orang disesatkan, tingkat bouncing Anda akan lebih tinggi dan berpotensi membahayakan posisi cantuman Anda.

Meta Tag Kata Kunci

Tag meta kata kunci adalah kode HTML yang dirancang untuk memungkinkan Anda memberikan panduan ke mesin pencari untuk kata kunci spesifik yang relevan dengan halaman web. Pada tahun 2009, Google dan Yahoo mengumumkan bahwa mereka tidak menggunakan tag untuk beberapa waktu, dan pada tahun 2014, Bing mengakui hal yang sama. Sebagai praktik terbaik, sebagian besar SEO tidak menggunakan tag sama sekali lagi.

Tag Header

Tag header adalah kode HTML yang mencatat tingkat kepentingan setiap judul pada halaman web. Anda dapat menggunakan 6 elemen heading: H1, H2, H3, H4, H5, H6; dengan H1 menjadi yang paling signifikan dan paling sedikit. Biasanya judul artikel atau nama kategori, produk, atau layanan diberikan Tag H1, karena umumnya merupakan judul yang paling menonjol dan penting.

Judul digunakan untuk memainkan peran penting dalam pengoptimalan halaman web, dan mesin pencari akan mempertimbangkannya. Meskipun mereka mungkin tidak membawa bobot yang sama yang pernah mereka lakukan, masih diyakini secara luas bahwa mereka menawarkan nilai peringkat dan yang terbaik adalah memasukkannya.

Sebagai praktik terbaik SEO, yang terbaik adalah Anda hanya menggunakan satu tag H1, karena ini akan menandakan tema utama dari halaman web. Semua judul lainnya harus menggunakan H2-H6 tergantung pada tingkat kepentingannya. Dari sudut pandang pengoptimalan, adalah aman untuk menggunakan beberapa tag H2-H6.

Penelitian Pesaing

Melakukan analisis pesaing adalah fungsi strategis untuk mengoptimalkan situs web dengan benar. Ini dapat membantu Anda mengidentifikasi area yang mungkin tidak diliputi situs web bisnis Anda. Analisis ini akan membantu mendorong penelitian kata kunci dan pengembangan konten sehingga perbaikan dapat dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa kiat cepat untuk melakukan riset pesaing untuk SEO:

Aliran Arsitektur: Lihatlah aliran konten di situs web pesaing Anda. Menganalisis bagaimana mereka memiliki struktur arsitektur untuk masuk lebih dalam ke situs. Mungkin ada beberapa takeaways penting dari situs web yang memiliki peringkat yang baik, dan itu dapat membuat Anda memutuskan untuk merencanakan situs web Anda secara berbeda.
Analisis Gap Kata Kunci: Gunakan alat seperti SEMRush atau Ahrefs untuk melihat kata kunci yang peringkat pesaing Anda. Bandingkan daftar itu dengan peringkat Anda dan tentukan apakah ada celah yang perlu Anda tutup.
Analisis Backlink: Mirip dengan analisis kesenjangan kata kunci, Anda juga dapat melakukannya untuk backlink. Tautan balik sangat penting bagi algoritme mesin telusur, sehingga Anda mungkin menemukan beberapa kemenangan mudah dengan melihat di mana pesaing Anda memiliki tautan. Ada alat-alat hebat seperti Ahrefs dan Majestic yang dapat membantu Anda menemukan tautan balik ini.

Riset Kata Kunci

Riset kata kunci penting untuk kampanye SEO apa pun, dan ini adalah satu area di mana Anda tidak ingin memotong sudut. Anda perlu memahami bagaimana orang mencari produk, layanan, atau informasi spesifik Anda. Tanpa mengetahui hal ini, akan sulit untuk menyusun konten Anda agar situs web Anda memiliki peluang untuk menentukan peringkat untuk permintaan pencarian yang berharga.

Salah satu kesalahan terbesar yang dapat dilakukan oleh seorang webmaster adalah hanya berfokus pada peringkat untuk satu atau dua kata kunci. Seringkali, ada beberapa kata kunci bervolume tinggi yang sangat kompetitif yang Anda rasa harus Anda rangking agar sukses. Kata kunci tersebut cenderung memiliki panjang satu hingga dua kata, dan ada peluang yang cukup bagus bagi pesaing Anda untuk bekerja keras pada kata kunci yang sama. Mereka membuat tujuan jangka panjang yang baik, dan Anda harus tetap mengoptimalkannya, tetapi nilai riilnya adalah kata kunci ekor panjang.

Kata kunci ekor panjang merupakan mayoritas terbesar dari semua volume pencarian. Kata kunci ini lebih spesifik, frasa lebih panjang yang akan diketik oleh seseorang, seperti “sepatu hak tinggi biru 4 inci”. Ini jauh lebih deskriptif daripada “sepatu biru”, meskipun kata itu mungkin memiliki volume pencarian yang lebih tinggi. Dengan kata kunci ini menjadi lebih deskriptif, jenis pelanggan ini juga cenderung lebih dalam pasar untuk bertransaksi sekarang.

SEO Copywriting & Pengoptimalan Konten

Anda mungkin pernah mendengar bahwa “konten adalah raja” ketika datang ke SEO. Hal tentang konten adalah bahwa ia mendorong banyak faktor yang terkait dengan pengoptimalan. Anda perlu konten berkualitas untuk memiliki peluang mendapatkan peringkat untuk kata kunci yang Anda targetkan, tetapi bagi Anda untuk sukses, Anda juga perlu memiliki konten di situs web Anda yang menurut webmaster cukup menarik untuk ditautkan kembali. Tidak setiap halaman dapat melakukan keduanya. Laman yang berfokus pada penjualan, seperti halaman produk dan layanan, biasanya bukan jenis konten yang ingin ditautkan oleh webmaster. Pembuatan tautan dari konten kemungkinan besar berasal dari blog Anda atau sumber informasi lainnya di situs web Anda.

Berikut ini adalah beberapa kiat cepat untuk pengoptimalan konten:

Memahami audiens Anda dan fokus menulis konten Anda untuk mereka. Jangan memaksakan sesuatu yang tidak beresonansi. Anda akan berisiko kehilangan penjualan dan meningkatkan tingkat bouncing pengunjung Anda.
Manfaatkan riset kata kunci yang telah Anda lakukan. Anda harus secara alami bekerja frasa kata kunci penting (yang Anda identifikasi melalui riset Anda) ke dalam konten Anda.
Pastikan kata kunci yang Anda optimalkan relevan dengan tema keseluruhan halaman.
Jangan berlebihan dengan frekuensi kata kunci. Kata kunci penting harus berada di pos dengan beberapa sebutan di seluruh salinan. Mesin pencari menggunakan pengindeksan semantik laten untuk memproses sinonim dan hubungan antar kata, jadi fokuslah menulis secara alami. Jika Anda menggunakan kata kunci yang sama berulang kali, itu tidak akan terdengar alami, dan Anda berisiko terlalu mengoptimalkan dengan mesin telusur.
Bersikaplah teliti saat menulis. Statistik pemasaran konten menunjukkan bahwa konten berdurasi panjang sembilan kali lebih efektif daripada bentuk singkat.
Tulis judul yang akan menarik perhatian pengunjung.
Cobalah memasukkan gambar, bagan, dan video untuk membuat konten lebih menarik.
Ceritakan sebuah kisah dan, sedapat mungkin, sertakan ajakan bertindak.

Internal Linking(tautan internal)

Untuk memahami pentingnya membangun tautan internal, Anda perlu memahami konsep “jus tautan”. Jus tautan adalah otoritas atau ekuitas yang diteruskan dari satu halaman web atau situs web ke situs web lain. Jadi dengan setiap tautan, internal atau eksternal, ada sejumlah nilai yang dilewatkan.

Ketika Anda menulis konten untuk situs web Anda, Anda perlu mempertimbangkan apakah ada laman web relevan lainnya di situs Anda yang akan sesuai untuk ditautkan dari konten itu. Ini mempromosikan aliran “jus tautan”, tetapi juga memberikan manfaat tautan kepada pengguna ke informasi relevan lainnya di situs web Anda.

SEO OFF-PAGE
Off-Page SEO (juga dikenal sebagai Off-Site SEO) mengacu pada strategi pengoptimalan yang diterapkan di luar situs web Anda yang dapat mempengaruhi peringkat dalam halaman hasil mesin pencari.

Sebagian besar algoritme Google difokuskan pada cara dunia luar (web) melihat kelayakan situs web Anda. Anda mungkin memiliki situs web dengan tampilan terbaik dengan konten paling tangguh, tetapi jika Anda tidak bekerja untuk mendapatkan perhatian, peluangnya bagus bahwa situs web Anda tidak akan memiliki peringkat yang sangat baik.

Karena algoritme Google bersifat non-manusia, algoritma google ini sangat bergantung pada sinyal luar seperti tautan dari situs web lain, penyebutan artikel / pers, penyebutan media sosial, dan ulasan untuk membantu menentukan nilai informasi di situs web Anda.

Pentingnya Link Build

Meskipun akan sulit untuk menentukan peringkat tanpa konten berkualitas, Anda tidak akan memiliki peluang pada frasa kata kunci kompetitif tanpa tautan. Hal ini masih diterima secara universal bahwa jumlah dan kualitas tautan masuk ke situs web dan / atau laman web adalah nomor satu influencer peringkat pencarian.

Dengan membangun tautan sebagai sinyal penelusuran teratas, Anda harus memiliki strategi yang solid untuk menarik dan memperoleh tautan untuk situs web Anda. Yang sedang berkata, Anda seharusnya tidak memulai proses ini tanpa memiliki fondasi yang kuat yang dibangun dengan konten dan desain. Mendapatkan tautan jauh lebih mudah ketika Anda memiliki sumber daya yang menarik dan berharga yang ingin dihubungkan oleh situs web lain.

Kualitas Tautan

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua tautan dibuat sama. Algoritme Google sangat memperhatikan keterpercayaan situs web yang terhubung. Misalnya, tautan untuk New York Times, yang memiliki jutaan tautan dan puluhan ribu situs web tepercaya dan unik yang menautkannya, akan membawa lebih banyak bobot daripada tautan dari situs WordPress gratis milik teman Anda yang dibangunnya beberapa minggu lalu .

Ada alat yang memperkirakan otoritas situs web. Dua alat populer adalah Moz Open Site Explorer, yang menghitung skor Otoritas Domain, dan Peringkat Domain Ahref. Alat-alat ini sangat bagus untuk menentukan tautan apa yang layak diperoleh. Semakin tinggi skor / peringkat, semakin berharga untuk menghabiskan waktu untuk mendapatkan tautan itu.

Jumlah tautan bukanlah satu-satunya hal yang dilihat mesin telusur dari perspektif kualitas. Mereka juga akan mempertimbangkan seberapa relevan situs web / konten tautan ke situs Anda sendiri. Jika Anda menjual sepatu, misalnya, tautan dari blog mode akan membawa lebih banyak bobot daripada tautan dari Joe’s Pizza Shack. Mungkin terdengar gila bahkan mencoba mendapatkan tautan dari tempat pizza untuk situs sepatu, tetapi pada masa-masa awal, mesin telusur lebih berfokus pada jumlah tautan. Saat webmaster tertarik, sebagian akan mencoba mendapatkan setiap tautan yang dapat mereka temukan untuk memengaruhi hasil penelusuran. Untuk memastikan kualitas hasil, mesin pencari harus fokus pada kualitas untuk memperhitungkan potensi spam ini.

Kuantitas Tautan untuk Situs Web / Halaman Web

Meskipun fokus yang lebih besar adalah pada kualitas dan relevansi tautan, kuantitas masih memiliki tempat. Anda ingin terus menumbuhkan jumlah tautan otoritatif yang menunjuk ke situs web Anda dan halaman web pentingnya sehingga Anda memiliki kemampuan untuk menantang pesaing Anda pada kata kunci yang sangat kompetitif.

Aspek lain dalam diskusi kuantitas adalah lebih baik untuk memiliki 100 tautan total dari 100 situs web berbeda dibandingkan dengan 100 tautan yang berasal dari 10 situs web. Ada korelasi kuat bahwa semakin banyak tautan situs web Anda dari domain unik, semakin besar peluang Anda untuk peningkatan peringkat.

Tentu saja, setelah Anda mendapatkan peringkat teratas, Anda tidak dapat beristirahat. Jika Anda tidak mengembangkan profil tautan Anda, Anda dapat mempercayai bahwa pesaing Anda, dan mereka pada akhirnya akan melampaui Anda. Untuk alasan ini, SEO telah menjadi fungsi pemasaran yang diperlukan untuk sebagian besar organisasi.

Tautan anchor text

Teks jangkar adalah teks hyperlink yang disorot sebenarnya pada halaman web yang mengarahkan pengguna ke halaman web yang berbeda saat mengklik. Bagaimana situs web yang menautkan Anda membuat perbedaan dalam algoritme mesin telusur, dan teks tautan adalah bagian dari persamaan itu. Mesin telusur melihat teks tautan sebagai sinyal untuk relevansi laman web untuk frasa penelusuran tertentu.

Contoh: Mendapatkan tautan dengan jangkar teks “Sepatu Biru” di blog mode, akan menunjukkan kepada mesin telusur bahwa laman web Anda harus relevan dengan “sepatu biru”.

Di masa lalu, semakin banyak tautan yang Anda tunjuk ke laman web Anda yang berisi kata kunci spesifik, semakin besar kemungkinan Anda akan menentukan peringkat untuk kata kunci tersebut. Masih ada beberapa kebenaran untuk itu, tetapi jika Anda memiliki persentase tinggi dari tautan Anda yang mengandung kata kunci, mesin pencari akan mencurigai Anda mencoba memanipulasi hasil.

Profil tautan alami umumnya berisi campuran beragam jangkar teks, biasanya didominasi oleh penautan teks yang menyertakan nama merek situs web.

Penempatan Tautan (penempatan link)

Faktor lain yang dipertimbangkan oleh mesin pencari adalah lokasi di mana tautan ditempatkan. Ini memainkan peran dengan berapa banyak berat atau “jus tautan” yang akan diteruskan ke halaman web Anda sendiri dari situs web yang terhubung. Footer dan tautan sidebar tidak diberi bobot yang sama seperti sebelumnya karena penyalahgunaan yang terkait dengan situs web yang menjual tautan di masa lalu.

Tautan di dalam badan atau isi halaman web secara umum lebih mementingkan topik yang sedang dibahas dan memiliki lebih banyak bobot yang diberikan kepada mereka. Juga diterima secara luas bahwa semakin tinggi tautan dalam konten, semakin besar bobot dan otoritas yang dilewati.

Tautan Do-Follow vs. No-Follow

Tautan do-follow memberi tahu mesin pencari bahwa situs web pada dasarnya menjamin halaman web yang mereka tautkan dan bahwa mesin pencari harus mengikuti tautan itu dan meneruskan tautan yang sesuai. Tautan tidak mengikuti memiliki kode HTML yang berisi rel = “nofollow” untuk memberi tahu mesin telusur agar tidak mengikuti tautan ke tujuan dan meneruskan otoritas atau kredit apa pun.

Konten buatan pengguna seperti komentar, wiki, bookmark sosial, posting forum, dan bahkan beberapa artikel telah disalahgunakan oleh SEO untuk mendapatkan tautan mudah untuk situs web. Tautan yang tidak mengikuti telah menjadi bagian yang sangat penting dari algoritme penelusuran karena konten buatan pengguna ini. Situs web mulai menempatkan tag rel = “nofollow” untuk menandakan bahwa mereka tidak menjamin tautan. Hal ini menyebabkan pengurangan signifikan pada spam yang dihasilkan di situs web tersebut, karena nilai untuk mendapatkan tautan tidak lagi ada di sana.

Tautan yang mengikuti mengikuti secara signifikan lebih berharga karena tautan jus dan otoritas yang dilewati, tetapi tautan yang tidak mengikuti adalah sangat alami untuk memiliki di profil tautan dan masih dapat menawarkan nilai dari lalu lintas rujukan yang mungkin mereka berikan.

Media Sosial dan SEO

Meskipun banyak SEO berpikir bahwa media sosial adalah faktor peringkat dalam algoritme Google, pada tahun 2014, Google Matt Cutts menyatakan bahwa itu bukan. Pada 2016, Gary Illyes, Analis Tren Webmaster Google, juga menegaskan bahwa media sosial bukan faktor peringkat.

Meskipun media sosial mungkin bukan kontributor langsung sebagai faktor peringkat, berikut ini adalah beberapa cara media sosial dapat membantu meningkatkan SEO:

Tautkan Akuisisi: Jika Anda menghasilkan konten hebat dan orang-orang membagikannya melalui saluran sosial, webmaster dan blogger mungkin melihat konten itu dan memutuskan untuk menautkannya kembali di situs web mereka yang sebenarnya. Semakin banyak konten Anda dibagikan, semakin besar peluang Anda untuk menghasilkan tautan secara alami.
Penelusuran Bermerek: Karena konten, produk, atau layanan Anda dibahas lebih sering melalui media sosial, orang-orang akan mulai mencari Anda di mesin telusur dengan mengetikkan nama merek Anda. Jika Anda menawarkan produk atau layanan, kueri penelusuran tersebut dapat berisi nama merek Anda ditambah nama produk atau layanan, seperti “[Nama Merek] sepatu biru,” misalnya. Karena Google atau mesin pencari lain melihat bahwa Anda relevan untuk jenis produk atau layanan berdasarkan permintaan pelanggan yang sebenarnya, Anda mungkin menemukan diri Anda dalam posisi yang lebih baik untuk versi kueri yang tidak bermerek.
Sinyal Bisnis yang Positif: Banyak bisnis memiliki kehadiran media sosial. Memiliki profil aktif dapat menunjukkan bahwa Anda benar-benar berupaya untuk melibatkan pelanggan Anda. Mesin pencari melihat banyak bagian data untuk menentukan keabsahan bisnis atau situs web, dan sinyal sosial dapat berpotensi dilihat sebagai validator.

Sekian artikel tentang Penjelasan SEO lengkap semoga dapat bermanfaat bagi sobat satumanado.

Baca juga : Apa itu Backlink dalam SEO? APA pengaruh Backlink?

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Silahkan masukan nama Anda disini

4 × one =