Cara mengaktifkan kompresi gzip wordpress

0
84

Cara mengaktifkan kompresi gzip wordpress | Satumanado.com – Jika Sobat telah bekerja dengan komputer untuk jangka waktu yang lama, Sobat mungkin sudah terbiasa dengan kompresi. Bagi mereka yang tidak: kompresi adalah alat yang sangat berguna untuk mengelompokkan banyak file ke dalam file yang jauh lebih kecil (dan lebih mudah dipindahkan), untuk situs web, yang akan meningkatkan kecepatan muat halaman sobat. Dalam artikel ini, saya akan menjelaskan cara kerja kompresi gzip dan bagaimana Sobat dapat mengaktifkan GZIP di situs web WordPress Sobat sendiri.

Cara Kerja Kompresi GZIP

Sebelum beralih ke cara menerapkannya, pertama-tama lihat apa arti kompresi dan bagaimana cara GZIP berkerja.

Saat ini, hampir semua situs web modern menggunakan campuran HTML, CSS, dan JavaScript, yang ditulis oleh para Programer dengan cara yang logis dan dipahami secara global. sebagian besar pemrogram juga akan menggunakan berbagai pola desain dan elemen umum, sehingga menghasilkan pengulangan yang cukup banyak.

Algoritma kompresi seperti gzip menggunakan pola dan pengulangan yang ditemukan dalam teks untuk menciptakan cara penyimpanan data yang lebih efisien. Mari kita lihat contoh.

Berikut beberapa kode HTML untuk membuat teks di dalamnya ditampilkan dalam huruf tebal:

<strong>this is bold</strong>

Versi terkompresi ini sebenarnya cukup panjang: eNqzKS4pys9LtyvJyCxWAKKk / JwUG32oIC8XALn8Cuo =. Namun, lihatlah apa yang terjadi ketika kita memampatkan 2 kode html berikut.

<strong>this is bold</strong>
<strong><this is bold too</strong>

Versi terkompresi adalah eNqzKS4pys9LtyvJyCxWAKKk / JwUG32oIC + XDRZphZL8fCQlACNDF0U =. Meskipun teks asli memiliki ukuran 2 kali lebih panjang, versi terkompresi sebenarnya hanya 16 karakter lebih – terjadi pengurangan 32% dalam hal ukuran, yang berarti lebih sedikit sehinga membuat pemuatan situs web lebih cepat.

Baca Juga : Apa itu SEO? Inilah Penjelasan SEO lengkap

Cara Mengaktifkan Kompresi gzip untuk WordPress

Penting di pahami bahwa kompresi gzip bukanlah bagian dari CMS wordpress. Kompresi Gzip Ini sebenarnya adalah fitur yang ditangani oleh server (bukan di dalam WordPress), yang berarti bahwa untuk mengaktifkannya Anda harus mengatur setingan di luar WordPress.

BERTANYA PADA HOST ANDA

Hal pertama: karena mengaktifkan kompresi mengharuskan Anda untuk mengedit (atau bahkan membuat) file sensitif yang tidak mudah untuk dikerjakan (dikenal sebagai ‘file htaccess’), jika Anda ragu tentang apa yang harus dilakukan, mungkin sebaiknya meminta Pihak penyedia Halaman Hosting untuk mengaktifkannya. Jika Anda memiliki host top-notch dengan dukungan top-notch, mereka harus dapat menyiapkan ini untuk Anda dalam hitungan menit.(jika mereka belum memilikinya)

MENGAKTIFKAN GZIP Dengan Mengedit File Htaccess

File htaccess digunakan untuk memberikan instruksi khusus server, seperti pengalihan, secara otomatis menambahkan atau menambahkan file ke permintaan tertentu dan, juga, segala macam hal lainnya – seperti mengaktifkan kompresi gzip! Sedikit rumit untuk mengatur segalanya sendiri adalah mencari – dan kemudian mengedit – file yang merepotkan ini.

Pertama-tama, Anda perlu cara untuk mengakses file di server Anda. Metode yang disukai untuk kebanyakan orang akan melalui FTP. Namun, karena file htaccess situs adalah ‘dot-file’ (artinya biasanya tersembunyi), htaccess akan sedikit sulit untuk ditemukan daripada file lain. Lebih buruk lagi, karena ini adalah file tersembunyi, jika Anda mengunduhnya ke komputer Anda dengan cara yang sama seperti file biasa, itu akan tetap tersembunyi, sehingga sangat merepotkan untuk diedit.

Jika Anda sudah terbiasa mengedit Htaccess, yang perlu Anda lakukan untuk mengaktifkan kompresi gzip adalah salin dan tempelkan hal-hal berikut ke dalam file htaccess situs Anda:

<ifModule mod_gzip.c>
mod_gzip_on Yes
mod_gzip_dechunk Yes
mod_gzip_item_include file .(html?|txt|css|js|php|pl)$
mod_gzip_item_include handler ^cgi-script$
mod_gzip_item_include mime ^text/.*
mod_gzip_item_include mime ^application/x-javascript.*
mod_gzip_item_exclude mime ^image/.*
mod_gzip_item_exclude rspheader ^Content-Encoding:.*gzip.*
</ifModule>

emua selesai! Konten berbasis teks Anda, seperti HTML, CSS, dan JavaScript, sekarang seharusnya dikirim dalam bentuk kompresi gzip.

Cari Dan Edit .htaccess

Untuk membuat perubahan pada file Sobat, pertama-tama Sobat harus menemukannya. tidak mudah menemukan file .htaccess, karena defaultnya file ini dihiden atau disembunyikan. Cara termudah untuk mengakses .htacces adalah melalui FTP tetapi Anda juga dapat menggunakan cPanel atau antarmuka admin lainnya. pertama silahkan sobat mulai dengan membuka klien FTP sobat dan menghubungkannya ke server.

.htaccess biasanya ditemukan di direktori root situs web Sobat. Namun, seperti yang saya sebutkan, itu biasanya dihiden atau tersembunyi.

jika sobat menggunakan FTP client FileZilla, sobat dapat mengubah pengaturan di menu Server> Force Show Hiden File.

cara menampilkan file tersembunyi filezilla
cara menampilkan file tersembunyi filezilla

Namun, mode akses Sobat mungkin memiliki opsi ini di menu lain.

Setelah itu, Sobat dapat mengedit file .htaccess seperti yang lain karena sudah tidak tersembunyi. jika sobat menggunakan Filezilla untuk melakukan edit silahkan sobat klik kanan pada file .Htaccess kemudian Lihat / Edit.

Edit file Htaccess dari filezilla
Edit file Htaccess dari filezilla

Atau, Sobat juga dapat mengunduh .htaccess ke komputer Sobat dan melakukan Edit Langsung dari explorer hard drive Sobat.

Bahkan, Sobat mungkin harus melakukan backup agar memiliki cadangan berjaga jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan (keselamatan pertama!).

Jika Sobat sudah mendownload file Htaccess tapi file tidak ditemukan difolder download, ada kemungkinan file masih dalam posisi hiden atau tersembunyi, perhatikan bahwa sistem operasi sobat juga bisa menyembunyikan file dan sobat tidak dapat melihat file yang terhiden atau tersembunyi kecuali sobat mengubah pengaturan tampilan sobat.

Di Windows 7, pengaturan ini dapat ditemukan di Folder and search Options. Di menu itu, cari tab View panel lalu chek Show hidden files, folders, and drives.

Show Hiden file windows 7
Show Hiden file windows 7

cek lalu tekan Apply

Tambahkan Kode yang Diperlukan Secara keseluruhan, mengaktifkan kompresi Gzip tidak terlalu susah. Yang perlu sobat lakukan hanyalah menambahkan potongan kode berikut ke file .htaccess

 <IfModule mod_deflate.c>
# Compress HTML, CSS, JavaScript, Text, XML and fonts
AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/vnd.ms-fontobject
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-opentype
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-otf
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-truetype
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-font-ttf
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE font/opentype
AddOutputFilterByType DEFLATE font/otf
AddOutputFilterByType DEFLATE font/ttf
AddOutputFilterByType DEFLATE image/svg+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE image/x-icon
AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
AddOutputFilterByType DEFLATE text/javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml
 
# Remove browser bugs (only needed for really old browsers)
BrowserMatch ^Mozilla/4 gzip-only-text/html
BrowserMatch ^Mozilla/4.0[678] no-gzip
BrowserMatch bMSIE !no-gzip !gzip-only-text/html
Header append Vary User-Agent
</IfModule>

Tidak masalah Sobat menempatkan kode ini di dalam atau di luar # BEGIN WordPress dan # END kurung WordPress, kode ini akan berfungsi dengan baik.

Jika Sobat memiliki masalah dengan kode di atas (saya akan menunjukkan cara untuk mengetahui apakah Gzip berfungsi), Sobat juga dapat menggunakan alternatif ini (keduanya berfungsi untuk situs saya):

 AddOutputFilterByType DEFLATE text/plain
AddOutputFilterByType DEFLATE text/html
AddOutputFilterByType DEFLATE text/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE text/css
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/xhtml+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/rss+xml
AddOutputFilterByType DEFLATE application/javascript
AddOutputFilterByType DEFLATE application/x-javascript
AddType x-font/otf .otf
AddType x-font/ttf .ttf
AddType x-font/eot .eot
AddType x-font/woff .woff
AddType image/x-icon .ico
AddType image/png .png
AddType text/css .css
</IfModule>

Simpan dan unggah file Anda dan Gzip seharusnya sudah siap. Namun, untuk memastikannya, mari verifikasi bahwa itu benar-benar berfungsi.

Periksa status Kompresi GZIP

Ada beberapa cara untuk memeriksa apakah file situs sudah dikompresi gzip, salah satunya yang termudah (dan paling menarik) adalah dengan menggunakan alat pengujian situs GTMetrix yang luar biasa menggunakan GTMetrix untuk Menguji Kecepatan Situs Web

Jika semua berfungsi sebagaimana mestinya (dan, belum ada perubahan, Anda mungkin harus menghapus cache situs Anda dan / atau menunggu beberapa menit agar perubahan terjadi), Anda seharusnya dapat melihat hal-hal berikut di bagian ‘Water Fall’ hasil GTMetrix situs Anda:

Periksa status Kompresi GZIP
Periksa status Kompresi GZIP

Verifikasi Kompresi Gzip Bekerja Selain GZIP Compression yang telah disebutkan sebelumnya, kami memiliki beberapa alat lain yang kami miliki untuk memastikan perubahan telah berlaku:

  • Google PageSpeed ​​Insights
  • GTmetrix
  • WhatsMyIP

Dalam ketiga kasus, yang perlu Sobat lakukan hanyalah memasukkan URL Anda dan menjalankan alat tersebut. Setelah itu, masing-masing akan memberi tahu Sobat apakah Gzip aktif di situs Sobat atau tidak seperti itu:

Kesimpulan

Kompresi Gzip adalah salah satu perbaikan kecepatan muat situs sederhana untuk ditambahkan ke situs Anda – apakah itu didukung oleh WordPress atau sebaliknya. Jika Anda tidak mengaktifkannya, Anda bisa kehilangan kecepatan muay yang signifikan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Silahkan masukan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.