Pengertian dan Jenis-Jenis Protokol Pada Wireless LAN (WLAN)

Jenis-Jenis Protokol Pada Wireless LAN (WLAN) Berserta Pengertian Jaringan Wireless LAN lengkap

0
25

SATUMANADO.COM – Pada prinsipnya Wireless LAN (WLAN) mempunyai kemiripan dengan jaringan yang memakai Ethernet card, perbedaan penting hanya pada alat transmisinya, yakni melalui udara dengan memakai gelombang radio.

Jenis-Jenis Protokol Pada Wireless LAN (WLAN
Jenis-Jenis Protokol Pada Wireless LAN (WLAN)

Pengertian Protokol Pada Wireless LAN (WLAN)

Pengertian Protokol wireless Access Poin (AP) pada WLAN mempunyai manfaat yang mirip dengan hub/switch. pada saat menggunakan AP, peralatan wireless hanya bisa berkomunikasi dengan poin to poin saja. Dalam jaringan yang memakai kabel disebut cross link sedangkan pada wireless arti poin to poin biasa disebut ad-hoc.

Dalam satu metode WLAN, access poin akan mengeluarkan tanda (code) SSID (Service Set Identification) dalam radius spesifik. Biar semua computer yang masih juga dalam jangkauan access poin bisa tersambung di jaringan wireless tersebut, masing-masing computer harus mengisi SSID yang sama seperti pada access poin.

Pengertian Protokol wireless – Tidak hanya SSID, untuk mencapai keamanan yang lebih tinggi, semua piranti wireless sudah diperlengkapi dengan feature keamanan seperti MAC (Medium Access Control) address, WEP (Wired Equivalent Privacy), dan sebagainya. Maksud dari fitur-fitur di atas yaitu untuk membatasi koneksi, hingga tidak semua orang bisa terkoneksi dengan access poin.

Jenis-Jenis Protokol Pada Wireless LAN (WLAN)

Comparison WLAN PROTOKOL
Comparison WLAN PROTOKOL
Data Wikipedia Protokol WLAN
Data Wikipedia Protokol WLAN
WLAN PROTOKOL Frequency, data rate dan max range
WLAN PROTOKOL Frequency, data rate dan max range

Jenis-Jenis Protokol Wireless LAN – WLAN diatur oleh instansi IEEE berdasar pada detail 802.11, di bawah ini beberapa protokol pada WLAN:

802.11b

Dipakai mulai akhir tahun 1999 dengan memakai frekwensi 2,4 Ghz. Maksimal bandwidth yang dapat diraih adalah 11Mbps (Megabit per second). Pada koneksi ini, modulasi yang dipakai adalah DSSS (Direct Sequence Spread Spectrum). Kanal yang tidak overlapping berjumlah 3, yakni kanal 1, kanal 6 dan kanal 11. Protokol ini sesuai dengan type 802.11g bila type 802.11g beroperasi pada model mixed.

802.11a

Dipakai mulai akhir 2001 dengan memakai frekwensi 5Ghz. Maksimal bandwidth yang dapat diraih sebesar 54Mbps sementara modulasi tanda yang dipakai yaitu OFDM (Orthogonal Frequency Division Multiplexing). Kanal yang tidak overlapping berjumlah 12 (bisa lebih). Tipe ini tidak sesuai dengan type b ataupun g.

802.11g

Dipakai mulai pertengahan tahun 2003 dengan memakai frekwensi 2,4Ghz. Maksimal bandwidth yang dapat diraih sebesar 54Mbps. Modulasi yang dighunakan adalah OFDM. Kanal yang tidak overlapping berjumlah 3 buah.Protokol ini sesuai dengan type b akan tetapi hasilnya ikuti type b.

802.11a/g

Type protokol ini mulai dikenalkan pertengahan 2003 dengan memakai frekwensi 2,4 Ghz serta 5Ghz. Maksimal bandwidth yang dapat diraih sebesar 54Mbps dengan memakai modulasi sinyal OFDM. Kanal yang tidak overlapping berjumlah 16 buah. Apabila beroperasi pada modus a, jadi protokol ini tidak sesuai dengan type b serta g. Akan tetapi, bila beroperasi pada modus g, koneksinya akan sesuai dengan type b.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Silahkan masukan nama Anda disini

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.